Dermatits adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan. Peradangan ini dapat dilihat adanya ruam, kulit kemerahan yang dapat menimbulkan rasa gatal. Kulit yang mengalami dermatitis apabila mengalami lecet dan terinfeksi akan mengeluarkan kerak dan dapat mengelupas.

Apa sebenarnya dermatitis perioral ?

Dermatitis perioral adalah kelainan pada kulit yang terjadi di sekitar mulut, kemerahan, seperti jerawat kecil-kecil. Selain kemerahan, kelainan ini dapat menimbulkan gatal. Kadang, terasa seperti terbakar. Kalaupun tidak ada rasa gatal atau terbakar, kelainan ini dapat menimbulkan rasa kering dan kulit pecah-pecah.

Apa penyebab dermatitis perioral ?

Dermatitis ini tidak diketahui penyebab pastinya. Kadang ada beberapa produk yang bisa mengiritasi kulit kita, termasuk produk-produk kulit atau pasta gigi. Itu juga bisa terjadi karena reaksi alergi yang kontak dengan kulit.

Apa yang bisa mengurangi perioral dermatitis ?

Dermatitis perioral dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk menghilangkan dermatitis perioral ini, kamu harus menghentikan penggunaan kortikosteroid termasuk salep hidrokortisone. Ini berarti jika kamu menggunakan salep hidrokortisone tanpa sepengetahuan dokter, maka hentikanlah. Ketika cream yang mengandung hidrokortisone atau kortikostroid di hentikan secara tiba-tiba, maka dermatitis di kulit akan semakin memburuk. Jika ini terjadi, biasanya pasien akan menggunakan kortikosteroid kembali. Sebaiknya sebelum menghentikan kortikostroid didiskusikan dahulu dengan dokter, agar tidak terjadi rebound phenomena.

Bagaimana penanganan dermatitis perioral ?

  1. Hentikan penggunaan kortikosteroid, termasuk hidrokortisone cream pada
    kulit.
  2. Memberikan antibiotik seperti eritromicin dan tetrasiklin.
  3. Mengubah penggunaaan skin care rutin ( gunakan sabun yang bebas dari pengharum dan usahakan mencuci wajah dengan lembut).
  4. Ada beberapa pasien yang mungkin masih membutuhkan kortikostroid dalam dosis rendah dan dalam jangka waktu yang pendek, seiring dengan pengobatan yang lain ( harus dalam pengawasan dokter )
  5. Penanganan dermatitis ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa beberapa minggu bahkan beberapa bulan untuk bisa sembuh.