Hyaluronic Acid

7d

Hyaluronic acid atau dalam Bahasa Indonesia disebut asam hyaluronat, pasti sudah tidak asing lagi bagi kaum wanita yang menyukai perawatan kulit dan wajah.

Apa itu asam hyaluronat?

Asam hyaluronat (AH) merupakan glikosaminoglikan yang secara alami diproduksi oleh tubuh manusia. AH dapat ditemukan pada semua jaringan ikat dan organ, seperti kulit, cairan sendi, pembuluh darah, otak, dan tulang rawan. Namun asam hyaluronat 50% ditemukan paling banyak pada kulit. Karena sifatnya yang higroskopis, maka asam hyaluronat mampu menarik air dari jaringan di sekitarnya, sehingga berfungsi sebagai lubrikan (seperti AH pada cairan sendi), menjaga kestabilan tulang rawan, dan tentunya menjaga kelembaban dan regenerasi kulit kita. Seperti kita tahu, proses penuaan membuat produksi asam hyaluronat pada tubuh kita menjadi berkurang. Ditambah dengan paparan sinar ultraviolet (terutama UVB), membuat AH yang secara natural terdapat pada kulit kita, menjadi terurai dan rusak. Akibatnya kulit menjadi kering, tidak bercahaya, dan bila berlanjut membuat mudahnya timbul garis dan kerutan halus.

Bagaimana asam hyaluronat bisa melembabkan kulit?

Berdasarkan penelitian, 1 gram asam hyaluronat mampu mengikat air sebanyak 6 Liter dari lingkungan sekitarnya. Hal ini membuat AH menjadi moisturizer hebat yang mampu melembabkan kulit kering dan dehidrasi. Bila kulit kita kaya akan air, maka tekstur kulit akan lebih lembut, kenyal, dan garis halus dapat berkurang.

Bagaimana cara mendapatkan asam hyaluronat?

Asam hyaluronat saat ini dapat ditemukan dalam bentuk suplemen, sediaan topikal (serum atau krim), dan injeksi.

Apakah suplemen asam hyaluronat efektif?

Telah dilakukan penelitian yang melibatkan 60 subjek campuran pria dan wanita dengan kisaran usia 22-59 tahun, dimana semua subjek memiliki kerutan pada mata, dan dibagi menjadi 2 kelompok. Salah 1 kelompok diberikan suplemen AH secara oral dengan dosis 120 mg per hari selama 12 minggu. Dan hasil akhir adalah setelah pemberian suplemen AH selama 8 minggu, kerutan mata pada kelompok tersebut berkurang secara signifikan, dan setelah 12 minggu, kulit nampak lebih lembab dan kenyal. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa suplemen AH secara oral dapat mengurangi kerut dan memperbaiki tekstur kulit.

Bagaimana dengan injeksi asam hyaluronat?

Dengan proses injeksi manfaat dari asam hyaluronat dapat lebih terasa pada kulit. Dikarenakan injeksi dilakukan langsung pada area yang membutuhkan. Problem penuaan kulit paling mudah terlihat di area wajah, leher, dada, dan punggung tangan. Dengan injeksi asam hyaluronat langsung pada targetnya, mampu memberikan ekeftivitas yang lebih baik dibanding suplemen oral.