Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami oleh kulit berminyak. Setelah jerawat sembuh, sebagian orang mengalami bekas atau noda yang sulit dihilangkan baik noda kehitaman (PIH) maupun noda kemerahan (PIE).

Apa itu PIH ?
PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentatio), yaitu noda kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih akibat proses inflamasi (peradangan). Jerawat adalah salah satu contoh penyebab proses inflamasi. Saat terjadi inflamasi, kulit akan mengalami stres dan memberi respon dengan produksi melanin yang berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, mata manusia. PIH lebih sering terjadi pada kulit gelap karena type kulit gelap mempunyai kadar melanocyte yang lebih aktif.

Penanganan PIH
PIH tidak dapat secara cepat diatasi dan dihilangkan. PIH dapat dibantu cepat memudar dengan cara mendorong proses pergantian sel kulit yang baru. Misalkan dengan chemical peeling dan obat topikal/cream dengan efek pengelupasan. Bisa juga dikombinasikan dengan pemakaian produk dengan kandungan yang berfungsi untuk mengurangi atau memperlambat produksi melanin (kojic acid, azelaic azid).

Apa itu PIE ?
PIE adalah bekas jerawat berwarna kemerahan, disebabkan karena pelebaran dari pembuluh darah kulit akibat proses inflamasi (peradangan), sehingga terlihat sebagai bercak atau titik kemerahan, atau keunguan. PIE lebih sering terjadi pada kulit terang.

Penanganan PIE
Kita tidak dapat mengelupas kulit agar pembuluh darah tersebut terkikis dan memudar. Malah terkadang proses pengikisan kulit dapat memicu iritasi dan memperberat PIE. Solusi terbaik untuk PIE adalah dengan bantuan tretament laser.